Skip to main content

Khasiat Shalawat Nariyah Arab Dan Terjemahannya Untuk Kekayaan Serta Terkabul Hajat

Khasiat Shalawat Nariyah Arab Dan Terjemahannya Untuk Kekayaan Serta Terkabul Hajat - Terkait sholawat ini, Allah Subhanallah Wa Ta’ala dan para malaikat bersholawat kepada Nabi disampaikan dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56: 

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya dengan penuh penghormatan. 

Membaca sholawat Nabi, selain sebagai perintah langsung dari Allah, yang mana Allah dan para malaikat mencontohkannya, sesungguhnya ada banyak keutamaan sholawat, namu pada artikel ini tidak membahas itu, namun membahas mengenai salah satu jenis bacaan sholawat, yaitu Sholawat Nariyah.

Shalawat Nariyah ini juga disebut Shalawat Tafrijiyyah oleh penduduk Maghrib (Maroko) yang berarti api karena sifatnya yang mustajab.

Lantaran apabila mereka ingin mendapatkan kesuksesan hajat dan terhindar dari bahaya, kemudian mereka berkumpul di satu majelis membaca shalawat tersebut bersama-sama sebanyak 4444 kali, maka mereka mendapatkan apa yang mereka niatkan, segala hajat akan terkabul dengan cepat seperti cepatnya kobaran api yang membakar jerami

Banyak sekali perbedaan pendapat mengenai asal-usul Shalawat Nariyah, pendapat lainnya adalah bahwa shalawat nariyah merupakan shalawat mujarrobat ( yaitu shalawat yang banyak diamalkan dan memiliki banyak faedah)

Salah satu shalawat yang mustajab ialah Shalawat Tafrijiyah Qurthubiyah, yang disebut orang Maroko dengan Shalawat Nariyah karena jika mereka (umat Islam) mengharapkan apa yang dicita-citakan, atau ingin menolak yang tidak disukai mereka berkumpul dalam satu majelis untuk membaca shalawat nariyah ini sebanyak 4.444 kali, tercapailah apa yang dikehendaki dengan cepat (bi idznillah).

Imam al-Qurthubiy menuturkan bahwa siapa saja yang membacanya secara rutin setiap hari sebanyak 41 kali atau 100 kali atau lebih, Allah akan melenyapkan kecemasan dan kesusahannya, menghilangkan kesulitan dan penyakitnya, memudahkan segala urusannya, menerangi hatinya, meninggikan kedudukannya, memperbaiki keadaannya, meluaskan rizkinya, membukakan baginya segala pintu kebaikan, dan lain-lain.

Ahlul Asrar menamakan shalawat Tafrijiyyah dengan nama

“ مفتاح الكنز المحيط لنيل مراد العبيد “

(kunci perbendaharaan samudra untuk menggapai tujuan hamba). Imam al-Sanusiy berkata: “Siapa saja yang melazimi membaca shalawat Tafrijiyyah setiap hari sebanyak 11 kali, maka seakan-akan rizki dari langit turun kepadanya dan rizki dari bumi tumbuh untuknya.”

Syaikh Abu Ishaq Ibrahim al-Taziy seorang ahli tasawuf, muhaddits dan faqih yang masyhur. Beliau wafat pada tanggal 9 Sya’ban tahun 866 H.

Tokoh karismatik ini berjasa besar dan mempunyai peran penting dalam mendakwahkan ajaran Islam di kota Wahran, Maroco.

Nama lengkap beliau adalah Imam Abu Ishaq Ibrahim al-Taziy Ibn Muhammad Ibn Ali Ibn Malik Ibn Abdullah Ibn Ahmad Ibn Isa al-Ridha Ibn Musa al-Murtadha Ibn Abdullah Ibn Abi Ja’far al-Shadiq Ibn Muhammad al-Nathiq Ibn Ali Zainal Abidin Ibn Abdullah Ibn Hamzah Ibn Idris Ibn Abdullah al-Kamil Ibn al-Hasan al-Mutsanna Ibn Hasan al-Sibt Ibn Ali Ibn Abi Thalib

Berikut ini adalah bacaan shalawat nariyah:

بِسْـــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. 

Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka ya robbal ‘aalamiin. 

Artinya: “Yaa Allah Tuhan kami, limphkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Terurai / terbuka dengan berkahnya Segala ikatan, Segala kesusahan / kesedihan mendalam/ kesempitan tersingkap / terbuka luas terlepas/ terbebas, dan ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah (dapat diraih), hujan diturunkan (dicurahkan rahmat) sebab berkah wajahnya yang mulia.

Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan napas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam.”

Khasiat Shalawat Nariyah 

Berikut teks asli, terjemah dan penjelasan dari kitab Khoziatul Asror halaman 203:

واياكم لدوامها فان هذه الصلاة جامعة محتوية على تفريج الكروب وتحصيل المطلوب وكافلة بألفاظ أدب الصلاة ومحيطة بعدد كل شيء

Artinya : “Usahakanlah untuk selalu melanggengkan membaca sholawat nariyah. Karena sholawat ini mencakup berbagai manfaat seperti menghilangkan kesedihan, dikabulkannya hajat. Selain itu lafadz yang terdapat pada sholawat nariyah ini sudah mencakup tata krama ketika membaca shalawat dan juga mencakup jumlah dari semua makhluk.” 

Keutamaan Sholawat Nariyah 11 Kali Setiap Hari

وقال الشيخ محمد التونسى من داوم على هذه الصلاة النارية كل يوم إحد عشرة مرة كأنها تنزل الرزق من السماء وتنبته من الأرض

Artinya : Dan telah berkata Syaikh Muhammad At Tunisy (Negara Tunisia) “Barangsiapa yang melanggengkan membaca shalawat nariyah setiap hari 11x maka seakan-akan rezekinya turun dari langit dan tumbuh dari bumi”. 

Keutamaan Sholawat Nariyah 11 Kali Setiap Selesai Sholat Fardhu

 وقال الامام الدينورى من قرئ هذه الصلاة دبر كل صلاة احد عشرة مرة ويتخذها وردا لا ينقطع فانه ينال مراتب العلية والدولة الغنية 

Artinya : Dan telah berkata Imam Ad Dainuri, “Barangsiapa yang membaca sholawat nariyah 11x setiap selesai sholat fardlu dan menjadikannya sebuah wirid untuk nya (sehingga kalau tidak dibaca harus diqodlo’) dan tidak terputus wirid itu (terus menerus dibaca) maka ia akan mendapatkan derajat yang tinggi dan kekayaan yang luas.” 

KH. Abdul Ghofur: membaca sholawat nariyah 11x setiap selesai sholat fardlu dan menjadikannya sebuah wirid rutin maka akan menjadi orang kaya raya paling kaya sekampung.

Keutamaan Sholawat Nariyah 41 Kali Setiap Selesai Sholat Shubuh

 ومن داوم عليها بعد صلاة الصبح كل يوم احدى وأربعين مرة ينال مراده ايضا 

Artinya, “Barang siapa melanggengkan untuk membaca sholawat nariyah setiap selesai sholat shubuh 41x maka ia akan memperoleh apa yang ia inginkan” 

Keutamaan Sholawat Nariyah 100 Kali Setiap Hari

 ومن داوم عليها كل يوم مائة مرة يحصل مطلوبه ويدرك غرضه فوق ما أراده 

Artinya, “Barang siapa melanggengkan untuk membaca sholawat nariyah 100x setiap hari maka ia akan berhasil mendapatkan apa yang ia cari dan mendapatkan apa yang ia inginkan melebihi apa yang telah menjadi keinginannya.” 

Keutamaan Sholawat Nariyah 313 Kali Setiap Hari

 ومن داوم على قراءتها كل يوم بعدد المرسلين عليهم السلام ثلاث مائة وثلث عشرة مرة لكشف الاسرار فانه برئ من كل شيء يريده

Artinya, “Barang siapa melanggengkan untuk membaca sholawat nariyah 313x atau sebanyak jumlah rasul yaitu membaca sholawat nariyah 313x setiap hari maka khasiatnya adalah untuk membuka rahasia-rahasia Allah. 

Yaitu setiap keinginannya akan dikabulkan dengan baik. Untuk bilangan sholawat nariyah 313x ini sangat cocok bagi yang ingin mendapatkan kesehatan dari sakitnya yang lama. 

Sehingga khasiat sholawat nariyah ini selain untuk kekayaan juga khasiat sholawat nariyah bisa untuk rezeki dan kesehatan. Terutama bisa juga untuk manfaat shalawat nariyah untuk ibu hamil. 

Keutamaan Sholawat Nariyah 1000 Kali Setiap Hari

 ومن داوم عليها كل يوم ألف مرة فله ما لا يصفه الواصفون مما لا عين رأت ولا أذن سمعت ولا خطر على قلب بشر 

Artinya, “Barangsiapa yang melanggengkan membaca sholawat nariyah 1000x setiap hari maka ia akan mendapatkan banyak hal yang luar biasa dan tidak disangka-sangka. Yaitu sesuatu yang luar biasa sehingga tidak seorangpun pernah melihat, mendengar dan menginginkan dalam hatinya sebelumnya.”inya (mendapatkan sesuatu yang sangat luar biasa yang ia sendiri tidak pernah menyangkanya). 

Keutamaan Sholawat Nariyah 4444 Kali

 وقال الامام القرطبى من أراد تحصيل أمر مهم عظيم او دفع البلاء المقيم فاليقرء هذه الصلاة التفريجية وليتوسل بها الى النبى ذي الخلق العظيم أربعة آلاف وأربعمائة وأربعين مرة. قال الله تعالى يوفق الى مراده ومطلوبه على نيته. وكذا ذكر ابن حجر العسقلانى خواص هذا العدد فانه أكسير فى سبب التأثير كذا فى أسرار الصلاة 

Telah berkata Imam Al Qurthubi : 

Barang siapa yang ingin mendapatkan sesuatu yang sangat ia inginkan atau supaya selamat dari bencana yang melanda di suatu daerah, maka bacalah sholawat nariyah dan tawassul (meminta pertolongan, seperti seseorang yang meminta pertolongan kepada pejabat negara supaya urusannya lancar dan sukses, sehingga tawassul disini adalah meminta pertolongan kepada Nabi Muhammad Saw. yang memiliki kedudukan tinggi disisi Allah supaya Allah memudahkan urusannya dan mengabulkan hajatnya) 

dengan sholawat nariyah kepada Nabi yang memiliki akhlak mulia (Nabi Muhammad Saw.) sebanyak 4444 kali, maka Allah Ta’ala akan menolongnya dengan memberikan keinginan dan kebutuhannya sesuai dengan niatnya itu (niat supaya diberi keinginannya dan kebutuhannya oleh Allah). 

Begitu juga apa yang telah diterangkan oleh Imam Ibnu Hajar Al ‘Asqolani tentang keutamaaan sholawat nariyah 4444x yaitu solusi untuk mendapatkan keiinginan, keterangan ini bisa dilihat di Kitab Asroris Sholah.

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ وَ أَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ يَا نَبِيَّ الرَّحْمَةِ إِنِّيْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّيْ فِيْ قَضَاءِ حاَجَتِيْ هَذِهِ …. لِتُقْضَى لِيْ. اَللّٰهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ وَشَفِّعْنِيْ فِيْ نَفْسِيْ 

Artinya, “Ya Alloh, aku memohon kepadaMu, dan aku menghadap kepadaMu dengan NabiMu Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam, yaitu nabi yang penuh kasih sayang. 

Wahai Nabi Muhammad, Nabi yang penuh kasih sayang, aku menghadap kepada Tuhan ku dengan mu dalam masalah hajatku ini …. (disebutkan hajatnya) supaya dikabulkan oleh Allah. Ya Allah terimalah syafa’at Nabi Muhammad untuk ku dan berilah aku pertolongan untuk diriku.” 

Doa Sholawat Nariyah Ijazah yang pertama atau bagian kesatu adalah doa sholawat nariyah yang diijazahkan oleh KH. Halimi Turmudzi Lirboyo Kediri. 

Ijazah ini memiliki sanad dari KH. M. Ahyad Muntahar Kunir Blitar. KH. M. Ahyad Muntahar merupakan pendiri Pondok Pesantren Mahyajatul Qurro’ Kunir Wonodadi Blitar yang juga menjadi mertua dari KH. Ahmad Idris Marzuqi Lirboyo Kediri. 

Berikut ini doa shalawat nariyah nya :

 اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ وَبِنُوْرِ قُدْسِكَ وَ بَرَكَاتِ طَهَارَتِكَ وَعَظَمَةِ جَلَالِكَ مِنْ كُلِّ طَرِيْقٍ إِلَّا طَرِيْقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ. اَللّٰهُمَّ اَنْتَ غِيَاثُنَا فَبِكَ نَغُوْثُ وَأَنْتَ عِيَاذُنَا فَبِكَ نَعُوْذُ وَأَنْتَ مَلَاذُنَا فَبِكَ نَلُوْذُ. يَا مَنْ ذَلَّتْ رِقَابُ الْجَبَابِرَةِ وَخَضَعَتْ لَهُ مَقَالِيْدُ الْفَرَاعِنَةِ أَجِرْنَا مِنْ حِزْيِكَ وَعُقُوْبَتِكَ وَاحْفَظْنَا فِيْ لَيْلِنَا وَنَهَارِنَا وَنَوْمِنَا وَقَرَارِنَا

لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ تَعْظِيْمًا لِوَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَتَكْرِيْمًا لِسُبُحَاتِ عَرْشِكَ فَاصْرِفْ عَنَّا شَرَّ عِبَادِكَ وَاجْعَلْنَا فِيْ حِفْظِ عِنَايَاتِكَ وَسُرَادِقَاتِ حِفْظِكَ. وَعُدْ عَلَيْنَا بِخَيْرٍ يَا أَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللّٰهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّمَ. آمِيْنَ 

Artinya : “Ya Allah, kami berlindung kepada Mu. Dan berlindung kepada Mu dengan cahaya suci Mu. Dan dengan kebaikan kesucian Mu. Dan dengan keagungan dari keagunan Mu. Lindungilah kami dari semua jalan kecuali jalan yang jika kami tempuh maka kami akan mendapatkan kebaikan. Wahai Dzat yang melemahkan orang-orang yang kejam. 

Wahai Dzat yang mengalahkan Raja Fir’aun. Selamatkanlah kami dari kesedihan dan dari siksaan Mu. Lindungilah kami baik di malam hari maupun siang hari, baik ketika kami tidur maupun ketika kami terjaga. 

Ya Allah, Engkaulah Penolong kami maka tolonglah kami. Engkau Pelindung kami maka lindungilah kami. Engkau tempat perlindungan kami maka berilah kami perlindungan.” “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. 

Karena Dzat Mu yang Maha Mulia. Dan karena Kemuliaan yang ada pada Arsy Mu. Maka lindungiah kami dari kejahatan hamba-hamba Mu. Dan jadikanlah kami selalu mendapatkan petolongan dari Mu. Dan selalu berada di kawasan perlindungan dari Mu. Dan berilah kami kebaikan. 

Wahai Dzat yang Maha Pengasih daripada orang-orang yang bersifat pengasih. Dan semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada pemimpin kami yaitu Nabi Muhammad. Dan semoga tercurahkan juga kepada keluarga dan para sahabatnya. Aamiin.” 

Berikut ini adalah doa sholawat nariyah bagian ke 2. Yaitu doa yang dibaca setelah membaca sholawat nariyah. 

Doa sholawat ini dikutip dari kitab Risalatul Amaliyyah halaman 175. Berikut ini doa sholawat nariyahnya :

 اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ وَ نَتَوَسَّلُ اِلَيْكَ وَ نَتَشَفَّعُ عِنْدَكَ بِالصَّلَاةِ عَلَى نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ اَنْ تَقْضِيَ حَاجَاتِنَا. فَاِنَّهُ لَا يَقْضِيْ حَاجَةَ اَحَدٍ إِلَّا أَنْتَ. يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ نَسْتَغِيْثُ. يَا مُغِيْثُ اَغِثْنَا يَا مُغِيْثُ اَغِثْنَا يَا مُغِيْثُ اَغِثْنَا ×٣ اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِّنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَ ءَايَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَ أنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ ×٣ / ×٧ 

Artinya : “Yaa Allah, kami memohon kepada Mu, dan kami berwasilah kepada Mu, dan kami memohon pertolongan dari Mu dengan sholawat kepada Nabi Mu, yaitu Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam supaya Engkau mengabulkan hajat-hajat kami. Karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengabulkan hajat seseorang kecuali Engkau. 

Wahai Allah yang Maha Hidup, yang Maha Berdiri Sendiri, dengan kasih sayang Mu, kami mohon pertolongan kepada Mu. Wahai Dzat yang Maha Penolong, berilah kami pertolongan. Wahai Dzat yang Maha Penolong, berilah kami pertolongan. 

Wahai Dzat yang Maha Penolong, berilah kami pertolongan.” (dibaca 3 kali) “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.” (dibaca 3 kali atau 7 kali)


Cara Order Produk Kami

Buka

Pilih produk yang mau di pesan, Tentukan jumlah order, Nama, Alamat Lengkap kirim ke Wa 087816965000.


Chat langsung via tombol di bawah ini.

Lapak 087816965000
Chat via Wa. klik WhatsApp

Perawatan Kesehatan Wanita

Herbal Kesehatan Pria

Herbal Kesehatan Wanita

Comment Policy: Tuliskan komentar Anda sesuai topik.
Buka Komentar