Skip to main content

Perbedaan Lelaki Dan Wanita Dari Segi Mental Emosi Dan Kejiwaannya

Perbedaan Lelaki Dan Wanita Dari Segi Mental Emosi Dan Kejiwaannya Lelaki dan wanita memiliki perbedaan-perbedaan baik itu secara bentuk fisik, tingkah laku, kebiasaan, mental, emosi dll. dalam posting sebelumnya saya sudah menyuguhkan tentang Mars dan Venus yang juga menjelaskan sebagian perbedaan lelaki dan wanita

Prof. Reek, Pakar Psikologi Amerika yang telah bertahun-tahun melakukan penelitian tentang lelaki dan wanita menguraikan keistimewaan masing-masing dari segi kejiwaannya, antara lain sebagai berikut :
  1.  Lelaki biasanya merasa jemu untuk tinggal berlama-lama di samping kekasihnya. berbeda dengan wanita, ia merasa nikmat berada sepanjang waktu bersama kekasihnya.

  2. Lelaki senang tampil dalam wajah yang sama setiap hari. berbeda dengan wanita yang setiap hari ingin bangkit dari pembaringan dengan wajah yang baru. itu sebabnya mode rambut dan pakaian wanita senang berubah.

  3. Sukses di mata lelaki adalah kedudukan sosial terhormat, serta penghormatan dari lapisan masyarakat. sedangkan bagi wanita adalah menguasai jiwa raga kekasihnya dan memilikinya sepanjang hayat.
    Karena itu lelaki di saat tuanya merasa sedih, karena sumber kekuatan mereka habis, yakni kemampuan untuk bekerja, sedangkan wanita merasa tenang dan rela karena kesenangannya adalah di rumah bersama suami dan anak cucu.

  4. Kalimat paling indah di denganr oleh wanita dari lelaki adalah: "Kekasihku, sungguh aku cinta padamu" sedangkan kalimat yang paling indah di ucapkan oleh wanita kepada lelaki yang di cintainya adalah : "Aku bangga padamu".


Murtadha Muthahhari yang mengemukakan apa yang terpapar di atas, menukil pendapat pakar lain yang menyatakan bahwa, "Etika perkawinan bagi lelaki dewasa adalah serangan untuk menguasai, sedang bagi wanita adalah mundur teratur untuk menarik perhatian / hati".

Murtadha Muthahhari juga mengutip pendapat Will Durant yang menyatakan bahwa, "Lagu Cinta bermula dengan mendekatnya masa baligh / dewasa, dimana bulu rambut wajah (cambang) dan dagu (jenggot) serta bulu dada pemuda mulai tumbuh.

Pertumbuhan bulu rambut ini demikian juga pecahnya suara mempunyai kaitan dengan seks. sedang pada masa itu jari-jari wanita memperoleh kelembutan dan gerak geriknya mulai memancing perhatian.
pinggulnya mulai membesar, ini untuk mempermudah fungsi keibuannya, demikian pula muncul penonjolan yang jelas pada dadanya sebagai persiapan melaksanakan fungsi penyusuan anak.

" apa yang menyebabkan semua itu? tanya Will Durant, "tidak ada yang mengetahui secara pasti tapi, jawab Will Durant lebih jauh, ada teori dari Starlink yang mendapat dukungan para pakar, menyatakan bahwa itu semua adalah kerja hormon-hormon yang melahirkan perubahan-perubahan pada jasmani fisik dan psikis yang menghasilkan ribuan pengaruh yang beraneka ragam pada jiwa".

John Gray seorang pakar Amerika kontemporer menulis tentang perbedaan lelaki dan wanita dalam bukunya Men are From Mars Women are from Venus, Tulisnya:
"Lelaki cenderung masuk ke guanya, yakni menyendiri bila mengalami stres, lelaki merasa lebih baik dengan menyendiri untuk memecahkan persoalan.
sementara wanita semakin bingung dan terlihat emosional. wanita lebih merasa nyaman berkumpul bersama dan secara terbuka membicarakan kesulitan yang di hadapinya.

tantangan terbesar bagi wanita dalam konteks ini, adalah menafsirkan dengan tepat diamnya lelaki, apalagi diam tersebut cenderung di bayangkan oleh perempuan dengan sesuatu yang amat buruk.

Bahasa wanita berbeda dengan bahasa lelaki, kata-katanya memang sama tetapi peggunaanya memberi makna yang berbeda-beda. untuk dapat mengungkapkan perasaan secara utuh, wanita menggunakan berbagai macam superlatif, metafora dan generalisasi, berbeda dengan lelaki.

Lelaki diibaratkan oleh John Gray dengan karet gelang. saat menarik diri, mereka hanya dapat mengulur sejauh mereka dapat mengerut.
sedang wanita seperti gelombang. Bila merasa di cintai harga dirinya naik turun dalam gerakan gelombang, saat merasa senang, ia akan mencapai puncak, tetapi suasana hatinya bisa berubah dengan tiba-tiba dan gelombangnya akan terhempas turun.

tetapi penurunan ini sifatnya sementara. setelah mencapai dasar tiba-tiba suasana hatinya berubah lagi dan ia akan merasa senang akan dirinya, otomatis gelombangnya akan naik lagi.

Perbedaan-perbedaan lain lelaki dan wanita
  1. Lelaki melakukan lebih banyak dari apa yang mereka dapat dilakukan wanita, sedang wanita melakukan apa yang lebih banyak dari apa yang berani di lakukan lelaki.

  2. Lelaki di kenal dari apa yang tidak di lakukannya, dan wanita di kenal dari apa yang dia lakukan.

  3. Dalam bercinta, lelaki berbangga dengan kemenangannya meraih wanita, sedang wanita berhias dengan ketaklukannya di hadapan lelaki. Lelaki berbangga dengan mengatakan :
    "Aku telah menaklukkan wanita A, B, dan C," dan wanita berbangga dengan mengatakan "aku telah menolak lelaki A, B, dan C,"

  4. ketika lelaki menangis di hadapan wanita, maka sesungguhnya ia telah menyentuh keangkuhan wanita itu, dan ketika seorang wanita menangis di hadapan lelaki, maka sesungguhnya ia telah menimbulkan rasa iba lelaki kepadanya.

  5. Kenikmatan wanita di perolehnya ketika berhasil menghancurkan hati lelaki, sedang kenikmatan lelaki di perolehnya ketika dia mampu memuaskan keangkuhan wanita.

  6. Kebahagiaan di sisi lelaki adalah suksesnya dalam pekerjaan, sedang bagi wanita adalah suksesnya bersama lelaki.

  7. di balik setiap perempuan yang sukses terdapat cinta yang gagal, dan di belakang setiap lelaki yang sukses terdapat wanita yang mencintainya.

  8. yang terahir mati pada lelaki adalah hatinya dan wanita adalah lidahnya, lidah lelaki bagaikan pisau sedang lidah wanita seperti pedang.

  9. wanita menginginkan anak yang menyerupai kekasihnya, sedang lelaki menginginkan anak yang serupa istrinya. ini karena lelaki ingin mengulangi wujudnya dan wanita ingin mengulangi kekasihnya.

  10. Semua jenis pujian menggetarkan hati wanita, tidak semua pujian menyentuh hati lelaki

  11. wanita membinasakan akal lelakisedang lelaki meremukkan hati wanita
  12. Harapan lelaki kiranya menjadi keras bagaikan es, sedangkan harapan wanita menjadi seperti air lalu menguap seperti udara

  13. Wanita menganggap pernikahan sebagai stasiun terakhir dalam perjalanan hidupnya, sedang lelaki memandangnya sebagai salah satu stasiun pilihan, selanjutnya ia akan melanjutkan perjalanannya.

  14. Wanita tidak melupakan ciuman pertama sedang lelaki melupakan ciuman terahir
  15. Mudah bagi lelaki menutup matanya, tetapu mustahil bagi wanita menutup telinganya.

  16. Dahulu orang berkata: "Tiga sifat lelaki yang terbaik namun itulah yang terburuk buat wanita. tiga sifat tersebut adalah berani, rendah hati, dan tangan terbuka. Tiga sifat terbaik wanita namun itulah yang terburuk buat lelaki adalah tinggi hati, sangat hati-hati, dan tangan tertutup".

  17. Lelaki adalah penderitaan cinta, sedang wanita adalah cinta penderitaan.

  18. Lelaki memahami apa yang dia dengar, sedang wanita mendengar apa yang dia tidak pahami

  19. Lelaki senang berpindah-pindah bagaikan wisatawan sedang wanita senang menetap bagaikan penduduk asli

  20. Ketika lelaki merasa jemu maka ia membutuhkan seseorang untuk mendorongnya agar ia maju kedepan, Ketika wanita merasa jemu maka dia membutuhkan seseorang yang menopangnya dari belakang agar dia tidak terjatuh

  21. Tuhan menciptkan lelaki dari tanah agar dia dapat menanam di bumi dan membangun di atas bumi rumah-rumah tempat tinggal.
    Tuhan menciptakan wanita dari tulang rusuk lelaki agar dia dapat mendorong lelaki dari bumi ini dan mengusirnya dari rumah yang di bangun lelaki itu

  22. Lelaki seringkali tidak mengetahui kapan mengungkapkan kata perpisahan, sedang wanita sering kali tidak mengetahui kapan dia harus berpisah

  23. Ketika lelaki berbicara tentang kebebasan maka yang dimaksudnya adalah kebebasannya dari perempuan, Ketika wanita berbicara tentang keikhlasan maka yang dimaksudkan adalah keikhlasan lelaki kepada mereka

  24. Lelaki lebih cepat jatuh cinta, sedang wanita lebih cepat membenci

  25. Lelaki yang tidak tampan dapat menemukan wanita yang mencintainya, sedangkan wanita yang tidak cantik tidak menemukan lelaki yang mencintainya. ini karena wanita ketika bercinta tidak bertanya apakah lelaki teman kencannya sudah mencukur jenggotnya atau tidak, tetapi lelaki yang bercinta tidak akan mencium wanita yang berjenggot

  26. Wanita lebih senag menikah dengan lelaki yang kaya walau banyak bicara daripada yang pendiam tapi muskin, sedang lelaki lebih senang menikah dengan wanita yang pendiam walau miskin, daripada yang kaya tapi banyak bicara.

  27. Lelaki ketika bercinta maka dia berusaha mengangkat wanita ke peringkat lelaki, tetapi wanita lebih senang turun ketingkat lelaki yang di senanginya. dengan demikian, lelaki ketika bercinta mengangkat sedang wanita menurun.

  28. Kalau dua orang lelaki bertengkar maka sering kali penyebabnya adalah wanita, sedang bila dua orang wanita bertengkar maka biasanya penyebabnya juga wanita

  29. Lelaki menangis atas yang hilang darinya, sedang wanita menangis atas apa yang tidak di perolehnya

  30. Lelaki lebih mencari ketenangan, sedang wanita tidak tenang kecuali dengan mencari keletihan.

  31. ketika wanita menikah untuk kedua kalinya itu karena dia membenci suaminya yang pertama, sedang lelaki menikah untuk kedua kalinya itu karena dia mencintai istrinya yang pertama. karena itu wanita mencoba nasibnya dan lelaki berspekulasi

  32. Lelaki diciptakan dari tanah dan wanita dari tulang, karena itu wanita lebih kuat daripada lelaki dan kekuatannya terletak pada kelemahannya.
Demikian beberapa pandangan yang sedikit kocak dan jenaka yang tidak sepenuhnya benar, anda boleh percaya boleh tidak, sama sekali tidak ada paksaan.



Di kutip dari buku berjudul : PEREMPUAN Karya Prof. M. Quraish Shihab


Cara Order Produk Kami

Buka

Pilih produk yang mau di pesan, Tentukan jumlah order, Nama, Alamat Lengkap kirim ke Wa 087816965000.


Chat langsung via tombol di bawah ini.

Lapak 087816965000
Chat via Wa. klik WhatsApp

Perawatan Kesehatan Wanita

Herbal Kesehatan Pria

Herbal Kesehatan Wanita

Comment Policy: Tuliskan komentar Anda sesuai topik.
Buka Komentar