Skip to main content

Hikmah Meletakkan Tangan Di Atas Lutut Ketika Ruku'

Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf.

Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot – otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

"Rukuklah dengan tenang (tumaninah)." Ketika rukuk, Rasulullah SAW meletakkan kedua telapak tangan di atas lutut (HR Bukhari dari Sa'ad bin Abi Waqqash).

Rukuk yang dilakukan dengan tenang dan maksimal, dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai syaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya.

Rukuk pun dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di pungggung, pinggang, paha dan betis belakang.

Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran syaraf memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan syaraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata mengharap ke tempat sujud.

Hikmah meletakkan dua tangan pada lutut ketika Ruku' versi ulama salaf. Seorang penyair berkata dalam bait syairnya yang artinya: 

"setiap telapak tangan di letakkan di atas lutut", maksud dari penggalan syair tersebut adalah hendaknya pada waktu ruku' mushalli meletakkan kedua telapak tangannya pada dua lututnya karena hal itu lebih membantu untuk meluruskan punggung dan leher. 

Dan hendaknya ketika meletakkan dua telapak tangan itu jari-jarinya agak di buka dan menghadap kiblat karena kemuliaan yang ada pada kiblat. (Fathul Qodiril Khobir Bisyarhi Taisirit Tahrir, hal. 60) Demikian sedikit penjelasan tentang Hikmah meletakkan dua tangan pada lutut ketika Ruku' semoga bermanfa'at.


Cara Order Produk Kami

Buka

Pilih produk yang mau di pesan, Tentukan jumlah order, Nama, Alamat Lengkap kirim ke Wa 087816965000.


Chat langsung via tombol di bawah ini.

Lapak 087816965000
Chat via Wa. klik WhatsApp

Perawatan Kesehatan Wanita

Herbal Kesehatan Pria

Herbal Kesehatan Wanita

Comment Policy: Tuliskan komentar Anda sesuai topik.
Buka Komentar